Politeknik Seni Yogyakarta Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2017/2018

Program Studi:
- DKV Advertising
- Animasi
- Game Tech
- Kriya Logam
- Kriya Kayu

Daftar Sekarang

Informasi lebih lanjut:
Telp, SMS atau WhatUp di:

08157974378


politeknikseni

Reset Tampilan Web Politeknik Seni Yogyakarta, Mengembalikan tampilan awal web.

Reset Politeknik Seni Yogyakarta homepage

Politeknik Seni Yogyakarta Wisuda 63 Lulusan Program Diploma III (Ahli Madya)

Politeknik Seni Yogyakarta mewisuda 63 lulusan Ahli Madya pada Sabtu, 7 Oktober 2017 di Auditorium Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Bidang Seni dan Budaya, Klidon, Sukoharjo Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Wisuda kali ini merupakan wisuda angkatan ke 14 Politeknik Seni Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018. Dari 63 lulusan mahasiswa dari progam studi desain komunikasi visual, sebanyak 44 merupakan lulusan konsentrasi Advertising, sebanyak 15 lulusan Animasi dan 4 lulusan dari konsentrasi Game Technology.

Direktur Politeknik Seni Yogyakarta, Drs. Sardi, M.Pd dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa Politeknik Seni Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan tinggi seni jalur vokasi yang terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Visi Politeknik Seni Yogyakarta adalah: sebagai ageng pendidikan tinggi vokasi bidang industri kreatif berbasis seni dan budaya Indonesia. Sistem pendidikan yang dikembangkan oleh Poliseni Jogja senantiasa terkait dengan perkembangan dunia industri atau dunia kerja, dan kurikulum penididikannya berorientasi kuat pada sistem kerja psikomotorik (praktika) dengan komposisi keterorian (academic based) 30%, dan praktika (Industrial based) 70%, dengan total beban studi 114 SKS.

Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata pada wisuda kali ini adalah 3,43. Sebanyak 27 mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude, masing-masing terdiri dari 22 mahasiswa dari konsentrasi advertising, 4 mahasiswa konsentrasi animasi dan 1 mahasiswa konsentrasi game teknologi. IPK tertinggi, yaitu 3,86 diraih oleh Agung Purnama yang merupakan lulusan dari konsentrasi advertising. Pada wisuda kali ini, Politeknik Seni Yogyakarta juga memberikan penghargaan Adhi Purna Karya Nugraha kepada peserta wisuda dengan karya tugas akhir terbaik. Adi Purna Karya diraih oleh Dika Permana yang merupakan wisudawan konsentrasi Advertising dan Anang Tusyono dari konsentrasi Animasi.

Pada wisuda angkatan ke 14 ini, Politeknik Seni Yogyakarta mewisuda 2 mahasiswa berkebutuhan khusus yaitu Muhammad Zaenuddin dan Kiki Trisnawati, keduanya adalah mahasiswa konsentrasi Advertising yang menyandang bisu tuli. Politeknik Seni Yogyakarta memang memiliki perhatian lebih untuk memberikan kesempatan pada mahasiswa berkebutuhan khusus mendapatkan hak pendidikan yang sama dengan mahasiswa lainnya. Selama 3 tahun menempuh pendidikan di Politeknik Seni Yogyakarta, keduanya tidak menemui kendala berarti karena kampus beserta seluruh pengajar dan staff berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua civitas akademika di Politeknik Seni Yogyakarta.

Dalam hal penyediaan SDM, Politeknik Seni Yogyakarta berkontribusi secara nyata dalam penyiapan lulusan yang siap kerja, profesional dan kompeten di bidangnya. Politeknik Seni Yogyakarta selau menggandeng pelaku industri baik periklanan, animasi maupun game sebagai penguji utama pada sidang akhir mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Berbagai agenda kerja sama terus dijalin dan dikembangakan antara Politeknik Seni Yogyakarta dengan industri kreatif skala lokal maupun nasional.

Direktur Poliseni juga menegaskan bahwa, “dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia yang penuh tidak kepastian yang sering disebut VUCA berasal dari kata “Vulnerable, Uncertainty, Complexcity and Ambiguity” atau (Rapuh, Tidak pasti, Kompleksitas dan Ambigu). Alumnus Poliseni Jogja harus mampu menghadapi “VUCA” dengan versi lain yaitu berusaha untuk menjadi visionary leader, unleash the hidden potential, change agent and agility builder — dalam arti menjadi pemimpin (pelaku usaha) yang visioner, memanfaatkan potensi tersembunyi, menjadi agen perubahan, dan pembangunan yang bergerak dan mampu menyesuaikan diri secara cepat dan lincah.

Selain melakukan kerjasama dengan industri, sebagai Politeknik Seni yang sudah terakreditasi dan sedang dalam proses untuk meningkatkan nilai akreditasi, Politeknik Seni Yogyakarta juga menjalin banyak kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi baik Dalam Negri maupun Luar Negri. Beberapa kerjasama yang telah terjalin adalah dengan PT. Astra International Tbk, DPD HIMKI DIY, Polytechnic Port Dickson Malaysia, Polytechnic Singapore dan National Yunlin University of Science and Technology, Taiwan.

Comments are closed.